Tawaran Topik Tugas Akhir Program Studi Sarjana Teknik Sipil

      Comments Off on Tawaran Topik Tugas Akhir Program Studi Sarjana Teknik Sipil

Berikut ini disampaikan beberapa penawaran topik tugas akhir untuk program studi teknik sipil untuk mahasiswa UMY dan bagi yang berminat dalam bidang transportasi (teknik dan sistem), diantaranya:

Angkutan umum (public transport) dan kendaraan tidak bermotor (unmotorised)

  1. Analisis persepsi penumpang terhadap peningkatan fasilitas dan kinerja PRAMEKS (studi kasus untuk penumpang ulang-alik/commuter passenger Yogyakarta-Prambanan-Klaten-Surakarta). Sinopsis: Beberapa perbaikan fasilitas angkutan massal Prameks dengan rute Yogyakarta-Surakarta telah dilakukan secara bertahap oleh PT.KAI, untuk kenyamanan penumpang. Dalam periode yang bersamaan, satu stasiun henti juga telah ditambahkan di lokasi bandara Adisucipto Yogyakarta. Namun demikian, apakah tujuan peningkatan fasilitas dan sarana tersebut telah memeuhi keinginan pengguna/penumpang? dan apakah terjadi peningkatan penumpang sebagai implikasi perpindahan moda kendaraan pribadi ke moda angkutan umum? bagaimana sebenarnya keinginan penumpang terkait dg angkutan umum? bagaimana kepedulian mereka termasuk di dalamnya kemauan dan kemampuan untuk mengeluarkan biaya bagi angkutan umum? Permasalahan ini akan ditinjuan secara lengkap dalam riset ini.
  2. Simulasi perjalanan rute sepeda untuk kerja dan wisata di Yogyakarta. Sinopsis: Yogyakarta, mempunyai trend yang berkembang dalam 2-3 tahun ini, yaitu bersepeda. Bahkan, walikota kota Yogyakarta telah mengkampanyekan “segosegawe” satu program kembali ke sepeda untuk pekerja walikota yang bertempat tinggal dalam radius dekat. Namun, seberapa efektifkah sepeda untuk perjalanan kerja? bagaimana kita bisa membuat satu simulasi perjalanan untuk pesepeda bagi tujuan kerja? apakah ada bedanya dengan sepeda untuk wisata? sejauhmana efektifitas jalur sepeda yang telah dipasang di Yogyakarta. Penelitian ini mengembangkan riset karakteristik pesepeda  yang telah dilakukan oleh kelompok peneliti transportasi UMY pada tahun 2000 dan 2005.

Rekayasa perkerasan jalan (disain dan analisis)

  1. Penyusunan Database dan Pemetaan Kekuatan Subgrade (DDT) untuk Wilayah Yogyakarta. Sinopsis: Tanah, merupakan struktur utama yang menentukan daya dukung struktur perkerasan jalan yang dibangun di atasnya. Kondisi tanah sangat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Usaha untuk membangun database dan pemetaan daya dukung tanah di wilayah Yogyakarta masih belum dilakukan. Upaya ini bisa memberikan manfaat kepada pengembang dan pemerintah daerah untuk mengidentifikasi kondisi tanah subgrade (permukaan) dari berbagai data yang tersebar/ada di wilayah Yogyakarta. Seterusnya, data base ini bisa digunakan sebagai bahan acuan awal, perencanaan perkerasan jalan baru/peningkatan jaringan jalan di Yogyakarta.
  2. Mengembangkan disain mekanistik-empirik berdasarkan AASHTO untuk perencanaan perkerasan jalan di Indonesia. Sinopsis: metode disain mechanistic-empiric telah diperkenalkan oleh AASHTO. Namun pemakaiannya untuk perencanaan jalan di Indonesia masih sangat jarang. Riset ini mengambil topik untuk mempelajari disain mekanistik-empirik, melakukan analisis dan evaluasi untuk mencapai parameter-parameter disain utama yang perlu dikembangkan dan dimodifikasi untuk keperluan di Indonesia (sesuai dengan performa dan kondisi perkerasan jalan di Indonesia).
  3. Perencanaan perkerasan jalan berdasarkan analytical design methods. Sinopsis: Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan analisis numerik untuk menghitung parameter rekayasa dalam perencanaan jalan diantaranya: tegangan/stress, regangan/strain dan defleksi/deflection dalam sistem multi-lapisan yang dipengaruhi oleh variasi beban kendaraan. Pendekatan dilakukan dengan membandingkan Linear Elastic Analysis and Finite Element Analysis.
  4. Pengembangan program komputer “metode perencanaan analisis” perkerasan jalan. Sinopsis: Riset ini berusaha untuk mengaplikasikan analisis numerik dan finite element dalam komputasi pemrograman menggunakan MATLAB, Fortran, VB atau Visual C.

Pengembangan Teknologi NDT untuk Perkerasan Jalan

  1. Pengembangan analisis tomografi 2-D untuk profil perkerasan jalan berdasarkan data dan analisis gelombang permukaan seismik. Sinopsis: Riset ini akan mengembangkan algoritma tomografi yang mudah untuk digunakan bagi mendapatkan profil 2-D dari data dan hasil analisis teknik gelombang permukaan. Data yang dimasukkan adalah modulus elastisitas dan kedalaman untuk beberapa segmen.
  2. Pengembangan analisis tomografi 3-D untuk profil perkerasan jalan berdasarkan data dan analisis gelombang permukaan seismik. Sinopsis: Riset ini akan mengembangkan topik penelitian 1 di atas dengan lingkup pada pengembangan algoritma tomografi untuk dimensi ruang 3-D.
  3. Analisis wavelet untuk membangun kurva dispersif kecepatan fasa pada profil jalan. Sinopsis: Penelitian ini akan dimulai dengan aplikasi transformasi STFT dan wavelet untuk membangun spektrogram energi seismik dan beda fase. Berdasarkan informasi f-k, kemudian dibangun kurva dispersif untuk masing-masing konfigurasi sensor pada  pengukuran gelombang permukaan di atas perkerasan jalan.

Durasi riset/tugas akhir adalah 6-8 bulan. Jika ada yang berminat silahkan menghubungi saya melalui email yang tertera dalam webblog di atas.

About Sri Atmaja P. Rosyidi

Sri Atmaja Putra Rosyidi’s Summary 1. Professional engineer; consulting works (2000 - present): design. evaluation and supervision of highway and road pavement. I have involved in more than 10 highway-projects of design and evaluation. 2. NDT testing engineer for soil structures and pavement; expert (2004 - present). Some projects have been evaluated for infrastructure health monitoring and structural assessment. 3. Board; operational manager (2006 - 2012): CASINDO and CAREPI project, Netherlands-Indonesia Energy Working Group. Specialization: Energy Infrastructure Design and Management. 4. Geology, geophysics and geo-hazards expert (2006 - present); specialization: soil dynamic, earth sciences and geotech.earthquake engineering. Some research project have been done. More than 20 international journal and conference papers have been published.