Penawaran Topik Penelitian Mahasiswa untuk Fakultas Teknik UMY

      Comments Off on Penawaran Topik Penelitian Mahasiswa untuk Fakultas Teknik UMY

TOPIK 1. Analisis likuifaksi dan penurunan tanah 2-D untuk daerah deposit rawan bencana berdasarkan kecepatan gelombang geser.

Pembimbing: Sri Atmaja P. Rosyidi, Ph.D.

Likuifaksi merupakan fenomena pencairan tanah yang lazim terjadi pada lokasi tanah deposit pasir tidak padat dengan gradasi yang relatif seragam, akibat meningkatnya tekanan pori air dan efek rambatan gelombang seismik dari gempa. Likuifaksi bisa mengakibatkan penurunan bahkan runtuhnya bangunan, misalnya pada kejadian gempa Kobe 1995 dan Chi-Chi Taiwan 1999. Indonesia, sebagai negara yang terletak di daerah cincin api yang memiliki potensi bencana gempa yang cukup besar, mempunyai risiko besar terhadap kejadian likuifaksi dan penurunan yang diakibatkannya. Oleh itu, diperlukan suatu analisis dan metode yang efektif dan inovasi untuk mengukur dan memprediksi kejadian likuifaksi dan penurunan di daerah deposit rawan gempa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu analisis likuifaksi dan penuruan baru dalam 2 dimensi (2-D) dari pengukuran perambatan gelombang geser. Teknik ini masih tergolong baru dan bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi persiapan menghadapi (manajemen) bencana di Indonesia.
Judul ini ditawarkan untuk mahasiswa Teknik Sipil.

TOPIK 2. Penerapan teknologi NDT berbasis gelombang seismik untuk deteksi profil perkerasan jalan.

Pembimbing: Sri Atmaja P. Rosyidi, Ph.D., Novi Caroko, ST.

Permasalahan yang dihadapi dalam manajemen perkerasan jalan di Indonesia adalah menentukan instrumen penilaian struktural bahan jalan berupa parameter kekakuan jalan yang dapat dimonitor dalam periodisasi
waktu yang berkelanjutan. Selain itu, minimnya dana pemeliharaan mikro maupun makro jalan-jalan di Indonesia menyebabkan diperlukannya suatu teknik evaluasi jalan yang inovatif, cepat dalam operasional, memiliki hasil akhir yang akurat dan sekaligus ekonomis.
Untuk itu, dalam penelitian ini disusun untuk mengkaji suatu teknik pengujian lapangan (in situ testing) berupa metode analisis spektrum gelombang seismik buatan sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model teknologi seismik berupa teknik Spectrum-Analysis-of-Surface-Waves (Integrated-SASW) sebagai suatu pengujian lapangan untuk menilai struktural bahan jalan secara tidak merusak, cepat, akurat dan ekonomis yang digunakan di Indonesia. Metode SASW dibangun berdasarkan analisis perambatan gelombang seismik Rayleigh pada media yang berlapis yang dihasilkan dari sumber mekanik buatan. Metode SASW telah dikenal mampu mendeteksi nilai kekakuan bahan pada lapisan tanah, berbagai lapisan fondasi bangunan maupun jalan dan anomali yang terletak pada suatu struktur.

Judul ini ditawarkan untuk mahasiswa Teknik Sipil.

Topik 3. Pembuatan perangkat lunak untuk perhitungan potensi likuifaksi tanah berpasir di daerah rawan gempa.

Pembimbing: Sri Atmaja P. Rosyidi, Ph.D., Iswanto, ST, M.Eng.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat lunak berbasis MATLAB dan atau Visual Basic untuk
menghitung potensi likuifaksi tanah dari basis parameter data antara lain menggunakan:
1. kriteria parameter kecepatan gelombang geser
2. kriteria parameter kapasitas daya dukung tanah dari data DCP maupun N-SPT.
3. kriteria parameter data laboratorium tanah.

Judul ini ditawarkan untuk mahasiswa teknik sipil, teknik elektro dan teknologi informasi.

About Sri Atmaja P. Rosyidi

Sri Atmaja Putra Rosyidi’s Summary 1. Professional engineer; consulting works (2000 - present): design. evaluation and supervision of highway and road pavement. I have involved in more than 10 highway-projects of design and evaluation. 2. NDT testing engineer for soil structures and pavement; expert (2004 - present). Some projects have been evaluated for infrastructure health monitoring and structural assessment. 3. Board; operational manager (2006 - 2012): CASINDO and CAREPI project, Netherlands-Indonesia Energy Working Group. Specialization: Energy Infrastructure Design and Management. 4. Geology, geophysics and geo-hazards expert (2006 - present); specialization: soil dynamic, earth sciences and geotech.earthquake engineering. Some research project have been done. More than 20 international journal and conference papers have been published.