Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXV 2012

      Comments Off on Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXV 2012

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional @ UMY – Mahasiswa sebagai aktor di masa depan perlu diberi peluang dan tantangan yang sistematis untuk meningkatkan kreativitas dan mentalitas perilakunya. Untuk itulah Ditjen Dikti membuat ajang kreativitas bagi mahasiswa untuk saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Untuk PIMNAS ke XXV di tahun 2012 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dipercaya oleh Ditjen Dikti dan DP2M untuk menyelenggarakan ajang bergengsi ini di Yogyakarta pada tgl. 9 – 14 Juli 2012.

PIMNAS XXV diikuti lebih dari 1400 mahasiswa yang terbagi dalam 400 tim yang berasal dari 95 Perguruan Tinggi di Indonesia. Dalam PIMNAS XXV, PKM yang dikompetisikan terdiri dari 90 tim PKMP, 69 tim PKMK, 70 tim PKMT, 92 tim PKMM, 69 tim PKMC dan 10 tim PKMGT. Untuk akomodasi, panitia penyelenggara menyediakan 6 penginapan (Edu Hostel, Unires, MMTC, Graha Somaya, Wisanti, Asrama Haji) untuk peserta.

Mascot PIMNAS XXV adalah Prajurit Wirabraja yang memegang pensil dan perisai. Prajurit Wirabraja merupakan prajurit Kraton Yogyakarta, yang dalam bahasa Jawa juga dikenal sebagai prajurit Lombok Abang (cabai merah). Wirabraja secara filosofis bermakna prajurit yang sangat berani dalam melawan musuh serta mempunyai panca indera yang tajam dan peka, sehingga dalam keadaan apapun selalu waspada. Prajurit Wirabraja yang dipakai sebagai Maskot PIMNAS XXV ini digambarkan mengenakan seragam lengkap dengan tangan kanan mengepal ke atas membawa pena sebagai simbol intelektualitas dan akademik. Adapun tangan kiri membawa perisai yang bertuliskan PIMNAS ke-XXV yang menunjukkan kesiapan mahasiswa untuk berkompetisi secara ksatria dan jujur dalam berbagai ajang kompetisi akademis di PIMNAS XXV.

PIMNAS XXV 2012 ini mengambil tema, “Budaya Inovasi Membangun Karakter Bansga Mandiri”. Tema adalah pokok-pokok pikiran yang terdiri atas serangkaian kata yang membentuk kalimat singkat, padat dan sarat makna. Tema mempunyai makna yang dalam, karena di balik tema tersebut tercantum pesan-pesan moral tersembunyi yang ditujukan kepada peserta, pengunjung maupun semua yang hadir. Semangat yang ingin disampaikan adalah usaha kegiatan PIMNAS ini untuk memantabkan “kreativitas dan inovasi” sebagai salah satu budaya bangsa untuk membangun bangsa yang mandiri melalui peningkatan daya saing dalam kancah global; khususnya untuk generasi penerus bangsa, mahasiswa PT di Indonesia.

Acara PIMNAS XXV dimulai dengan Karnaval Peserta PIMNAS sepanjang Malioboro Yogyakarta. Peserta kemudian disambut oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan jamuan makan malam (Welcome Dinner) di Pagelaran kraton Yogyakarta tgl. 9 Juli 2012. Pembukaan PIMNAS akan dilakukan oleh Mendikbud, Prof. Dr. Muhammad Nuh, DEA pada tgl. 10 Juli 2012 di Sportorium UMY. Selain kegiatan utama (PKM), PIMNAS XXV kali ini juga diramaikan dengan kegiatan penunjang, yaitu Pameran Non-PKM dan Bazar, Seminar Nasional, Studium Generale, Berbagai Lomba (Fotografi, Kaligrafi, Karikatur, Debat Bahasa Inggris, Jepang, Arab, Pentas Seni dan Pameran). Perhelatan akbar ini akan diakhiri dengan menentukan karya terbaik pada acara Penutupan tgl. 12 Juli 2012 di Sportorium UMY. Namun demikian, Panitia masih menyelenggarakan acara City Tour pada tgl. 12 dan 13 Juli 2012 untuk menikmati keindahan kota Yogyakarta.

About Sri Atmaja P. Rosyidi

Sri Atmaja Putra Rosyidi’s Summary 1. Professional engineer; consulting works (2000 - present): design. evaluation and supervision of highway and road pavement. I have involved in more than 10 highway-projects of design and evaluation. 2. NDT testing engineer for soil structures and pavement; expert (2004 - present). Some projects have been evaluated for infrastructure health monitoring and structural assessment. 3. Board; operational manager (2006 - 2012): CASINDO and CAREPI project, Netherlands-Indonesia Energy Working Group. Specialization: Energy Infrastructure Design and Management. 4. Geology, geophysics and geo-hazards expert (2006 - present); specialization: soil dynamic, earth sciences and geotech.earthquake engineering. Some research project have been done. More than 20 international journal and conference papers have been published.