Sumber Gambar: http://kukuhthoriq.wordpress.com
Mata Kuliah Rekayasa Prasarana (Infrastruktur) Transportasi/Transportation Infrastructure Engineering
A. Deskripsi Kuliah:
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan dasar pemahaman dan pengetahuan mengenai sistem dan perencanaan infrastruktur jalan rel dan bandar udara. Dalam MK ini, dipelajari juga hal-hal terkait penyelesaian teknis masalah-masalah lapangan yang terkait dengan kedua infrastruktur ini misalnya masalah geoteknik dalam subbalas jalan rel; perancangan, evaluasi dan teknologi perkerasan untuk landas pacu; aspek meteorologi untuk disain bandara dan estetika dalam layout bangunan bandara. Mata kuliah ini merupakan MK keahlian yang memerlukan pengetahuan dan beberapa kemampuan dasar dari MK dasar dan keahlian lainnya yang terkait, misalnya Perencanaan Geometrik Jalan, Geoteknik, Analisis Struktur, Drainasi, Bahan Perkerasan Jalan dan Mekanika Bahan.
B. Outcomes:
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diminta mampu:
- Memahami sistem transportasi dan teknologi konstruksi dalam transportasi kereta api dan pesawat udara
- Merencanakan struktur dan geometrik jalan rel.
- Menilai kerusakan, dan berkemampuan melakukan perencanaan bagi kegiatan evaluasi dan pemeliharaan jalan rel.
- Merencanakan sistem, layout dan bangunan bandar udara.
- Merencanakan sistem dan tebal perkerasan landasan pacu, parkir dan taxy-way bandar udara.
- Menyusun kegiatan evaluasi kerusakan dan kegiatan pemeliharaan perkerasan landasan pacu, parkir dan taxy-way bandar udara.
- Mempelajari teknologi dan mampu menganalisis permasalahan yang terjadi pada struktur rel dan perkeretaapian, dan infrastruktur bandara udara dalam aspek perencanaan dan teknologi konstruksinya termasuk didalamnya memiliki kemampuan untuk menganalisis beberapa persoalan teknis yang dihadapi oleh kedua infrastruktur tersebut.
C. Silabus, Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GGBPP) dan Satuan Acara Pengajaran (SAP):
File Silabus, GGBPP dan SAP: PDF
D. Presentasi Kelas/Lecture Note [PPT] – Lecture files can be accessed for free.
Perkuliahan Sebelum MID Semester (7 Minggu Pertemuan) untuk Kelas A CEC 611 (Sem.Genap/2011-2012)
- Perkuliahan Minggu 1: Kontrak Belajar, Introduction of Transportation Engineering & Infrastructure.
- Perkuliahan Minggu 2: Struktur Jalan Rel, Pola Pembebanan dan Pendahuluan untuk Disain Jalan Rel.
- Perkuliahan Minggu 3: Komponen dan Disain Rel untuk Jalan Kereta Api.
- Perkuliahan Minggu 4:Komponen Penambat Rel
- Perkuliahan Minggu 5: Komponen Bantalan Rel
- Perkuliahan Minggu 6: Lapisan Balas, Lapisan Subgrade
- Perkuliahan Minggu 7: Perencanaan Geometrik Jalan Rel
- Minggu 8: Ujian Mid Semester
Perkuliahan Setelah MID Semester (7 Minggu Pertemuan) untuk Kelas B CEC 611 (Sem.Genap/2011-2012)
Sumber Gambar: qstc.net
- Perkuliahan Minggu 9: Air Transportation System
- Perkuliahan Minggu 10: Aircraft Characteristics for Airport Design, Payload vs Range Analysis
- Perkuliahan Minggu 11: File 1-Airport Master Plan, File 2-Typical Airport Configuration
- Perkuliahan Minggu 12: File 1-Wind Rose Calculation, File 2- Design based learning: Airport Diagram
- Perkuliahan Minggu 13: File 1a-Design of Runways, File 2-Taxiways and Runways Marking
- Perkuliahan Minggu 14: File 1-Passenger Handling System, File 2-Design based learning: Airport layout assignment
- Perkuliahan Minggu 15: Pavement Design for Runways
- Perkuliahan Minggu 16: Final Exam
E. Bahan Ajar – Diktat Kuliah (File softcopy dapat diperoleh/diunduh dengan mengakses/klik pada link berikut ini)
F. Referensi (On-Line Materials and Reference Links):
- Federal Aviation Administration (FAA)
- International Civil Aviation Organization (ICAO)
- Aerodrome Design Manual
- Wind Analysis
- Airport Design_FAA
G. Assignment and Exam
1). Tugas Sebelum MID Semester (7 Minggu Pertemuan) untuk Kelas A CEC 611 (Sem.Genap/2011-2012)
- Tugas Individu (dikumpulkan setelah MID Semester, Tanggal 30 April 2012 di TU Fakultas Teknik): Petunjuk Soal
- Tugas Kelompok (dikumpulkan setelah MID Semester, Tanggal 5 Mei 2012 di TU Fakultas Teknik): Soal Tugas Kelompok.
- Tugas 1: Soal – Paling lambat dikumpulkan pada
17 Maret 2012— 24 Maret 2012. - Tugas 2: Soal – Paling lambat dikumpulkan pada — 2 April 2012.
- Tugas 3: Soal – Paling lambat dikumpulkan pada — pada saat ujian MID Semester CEC 611, 18 April 2012 (Jam 08.00-10.00).
- Tugas 4 – Soal QUIZ pada tanggal 14 April 2012 — 08.00-09.30am.
- Jawaban UTS: Jawaban UJIAN TENGAH SEMESTER 18 April 2012
2). Tugas Setelah MID Semester (7 Minggu Pertemuan) untuk Kelas B CEC 611 (Sem.Genap/2011-2012)
- Tugas Individu 1 : Runway Orientation & Payload vs Range : File Tugas
- Tugas Individu 2 : Airport Engineering and Runway Length: File Tugas – Deadline: 11 Juni 2012
- Tugas Kelompok 1 :
- File-1 Ketentuan Tugas,
- File-2 Template Resume Report,
- Video Link:
- Hongkong Airport Construction Project-1: LINK atau copy paste to browser: http://www.youtube.com/watch?v=1cIlTc5DS8k
- Hongkong Airport Construction Project-2: LINK atau copy paste to browser: http://www.youtube.com/watch?v=Yr3RGByg_A4
- Hongkong Airport Construction Project-3: LINK atau copy paste to browser: http://www.youtube.com/watch?v=yCX3ITDV6M8&feature=relmfu
- Hongkong Airport Construction Project-4: LINK atau copy paste to browser: http://www.youtube.com/watch?v=xlq4dVKHjy8&feature=relmfu
- Hongkong Airport Construction Project-5: LINK atau copy paste to browser: http://www.youtube.com/watch?v=QuQbXjOjFec&feature=relmfu
- Tugas Kelompok 2 : Airport Layout and Diagram – Deadline: 25 Juni 2012 : File Tugas Kelompok_2_CEC716_2011-2012
- Quiz Kelas B: 05 Juni 2012: Soal Quiz-5 Juni 2012
- Soal Ujian Akhir Semester Kelas B:UAS_Prasarana Transportasi_2011/12_Kelas B
- Jawaban Ujian: Jawaban UAS_Prasarana Transportasi_2012_rev
3). Tugas Setelah MID Semester untuk Kelas A CEC 611 (Sem.Genap/2012-2013)
Tugas Kelompok dapat diakses dari link berikut ini: TUGAS
atau copy – paste pada browser Anda:
______________________________________________________________
Segala pertanyaan dan diskusi mengenai mata kuliah ini, silahkan dilayangkan email kepada atmaja[dot]sri[at]gmail[dot]com.
Leave a Reply