TST6707: Transport Planning

transit

A. Penjelasan Umum

Deskripsi Mata Kuliah :Analisis dan perencanaan transportasi kontemporer (saat ini) mensyaratkan tidak hanya keahlian professional saja melainkan juga teknik dan teori permodelan yang handal dan terimplementasi dalam keahlian pengolahan perangkat lunak (software).  Setelah beberapa tahun bereksperimen mengenai pemodelan, saat ini terdapat suatu model yang lebih baik dalam bidang perencanaan transportasi.  Kuliah ini menjelaskan dasar-dasar pemodelan dalam analisis dan perencanaan transportasi dan mereview pemodelan yang berkembang saat ini.  Topik utama dakam kuliah ini adalah perencanaan dan pemodelan transportasi dan pengenalan perencanaan logistik transportasi yang bekaitan dengan suplai dan kebutuhan.  Topik pertama mengetengahkan isu yang akan didiskusikan diantaranya : komponen dalam perencanaan transportasi, penjelasan komponen pemodelan dalam sistem model transportasi perkotaan, penyeimbangan suplai dan kebutuhan dan topik-topik pemodelan kebutuhan yang dipilih.  Topik kedua, mengetengahkan konsep logistik transportasi dan implementasinya.

Tujuan Perkuliahan

  1. Mempersiapkan mahasiswa dengan dasar dan teknik pemodelan yang terkini yang digunakan dalam analisis dan perencanaan transportasi.
  2. Mengembangkan kemampuan dan kebutuhan untuk menerapkan secara baik (confidently) model kuantitatif dalam permasalahan di bidang transportasi.
  3. Mempersiapkan mahasiswa untuk penelitian akademik di bidang analisis dan perencanaan transportasi.
  4. Menyediakan suatu forum untuk bertukar pikiran dan idea mengenai isu-isu yang berkaitan dengan analisis dan perencanaan transportasi.
  5. Merekomendasikan isu-isu dan arahan penelitian bidang analisis dan perencanaan transportasi di masa yang akan datang.

Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) 2014-2015

Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dapat diunduh dari link berikut ini. [RPS_Perencanaan Transportasi]

Format Kelas

Kelas akan dikombinasikan dalam perkuliahan, persentasi mahasiswa dan diskusi.  Mahasiswa ditekankan untuk mampu berkomunikasi selama perkuliahan ini dan secara aktif ikut berdiskusi.

Buku Teks

Draft buku teks (diktat kuliah) yang dipersyaratkan dalam kuliah ini dapat didownload dari webblog ini, selain itu beberapa artikel/jurnal yang akan digunakan.  Sebagi tambahan, terdapat beberapa buku yang direkomendasikan untuk dibaca :

  1. Juan de Dios Ortuzar and Luis G. Eillumsen: Modeling Transport. 3rd Edition, John Wiley & Sons, Ltd., 2001.
  2. Thomas A. Domencich and Daniel McFadden: Urban Travel Demand. North-Holland/American Elsevier, 1975.
  3. W.R. Blunden and J.A. Black : The Land-Use/Transport System. 2nd Edition. Pergamon Press. 1984
  4. Michael D. Meyer and Eric J. Miller : Urban Transportation Planning. 2nd Edition. McGraw-Hill. 2001.
  5. Ofyar Z. Tamin : Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB. 1995.
  6. Moshe Ben-Akiva and Steven R. Lerman: Discrete Choice Analysis. The MIT Press, 1985.

Persyaratan Perkuliahan:

1.  Mini-Project

1.a. Penulisan Paper

Seluruh mahasiswa secara berkelompok disyaratkan untuk membuat mini-riset terkait dengan isu dan solusi masalah transportasi perkotaan yang secara riil diamati dari lapangan. Riset berupa kajian kasus. Laporan riset dituliskan dalam satu paper/makalah yang prosesnya telah dilakukan selama satu semester perkuliahan.  Fokus makalah adalah laporan mini-riset tersebut yang disusun secara sistematik dan mengikuti kaedah penulisan karya ilmiah.  Paper dikerjakan berkelompok. Perbuatan plagiat dalam penulisan paper ini akan mengakibatkan tidak diluluskan dalam perkuliahan ini.

1.b. Project Presentations

Hasil mini-riset diwajibkan dipresentasi di kelas selama 15 menit. Template presentasi dalam MS Power Point diberikan berikut ini: Template Presentasi PPT

2. Assignment, Homework  and Discussions

Homework akan diberikan untuk membantu mahasiswa dalam pemahaman yang lebih baik mengenai materi perkuliahan. Mahasiswa diminta berperan aktif dalam kelas diskusi dimana topik dan materi yang berkaitan akan disediakan sekurang-kurangnya satu minggu sebelum diskusi berlangsung, ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari materi diskusi dengan cukup waktu.

3. Exams (Ujian Kompetensi)

Ujian kompetensi (UK) diberikan dalam 4 terms, yaitu UK-1, UK-2, UK-3 dan UK-4 (lihat detilnya di RPS). Terdapat Ujian Remidi bagi yang dinyatakan tidak lulus pada setiap UK tersebut.

Grading

  • Mini-riset
    • Paper (10%)
    • Project Presentations (10%)
  • Assignment (total 25 %)
  • Exam, UK-Ujian Kompetisi (55%)

Kebijakan-Kebijakan

Attendance

Mahasiswa diharapkan hadir di setiap kelas.  Kehadiran akan dicatat dan menjadi bagian dari total grading.  Persyaratan minimum kehadiran untuk mengikuti ujian tengah dan akhir semester adalah 70 %. Dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi, bagi yang tidak mengikuti UK tanpa keterangan yang jelas (izin) sebelumnya, maka tidak terdapat tugas susulan yang ditawarkan.

Submitting Assignments

Tugas dikumpulkan di awal perkuliahan pada hari yang telah ditentukan.  Tugas harus diberikan sendiri tidak dapat diwakilkan (kecuali jika ijin sakit).  Pengumpulan tugas yang tidak diberikan sendiri, akan dinilai sebagai tindak kecurangan.  Kami menekankan mahasiswa untuk saling membantu dan belajar satu kepada yang lain jika terdapat kesulitan dalam materi, tetapi jika materi/isi tugas paper dan project adalah sama, maka akan dinilai sebagai ketidakjujuran tugas (akan dinilai 0).

B. Lecture (Presentation) Files

  1. Introduction of Lecture, download in Bahasa Indonesia [pdf]/[ppt]
  2. Lecture Note (Presentation File):

Copyright Statement:  All materials prepared in this web are free and can be downloaded only for limited use, e.g., academic purpose, learning, research and social. Use for publications such as for book or other published article, have  to obtain a permission letter from the author.

C. Kumpulan Presentasi Mahasiswa (Student Presentation Class)

1).  Penjelasan Umum.

Kelas Presentasi MK. Perencanaan Transportasi (TST6707), akan diselenggarakan pada akhir pengajaran (minggu terakhir perkuliahan).

2). Ketentuan Presentasi:

  1. File presentasi dalam Power Point (PPT)
  2. File harus bersih dari segala jenis virus
  3. Maksimum slide presentasi sesuai ketentuan dalam template
  4. Waktu yang disediakan untuk presentasi per kelompok adalah 10-15 menit termasuk QA
  5. Template presentasi bisa didownload dari link berikut ini: Template Presentasi PPT

3). Arsip KELAS 

Klik pada judul sub-bab di atas untuk mendapatkan arsip kelas sebelumnya.

### Updated, 10 May 2015 ###